Marck Berdiri sejak 1998 pegel tau

Catat Hal Penting Berikut Sebelum Membangun PT

hal-penting-yang-harus-diperhatikan-sebelum-membangun-pt

Hal Penting yang Harus diperhatikan Sebelum Membangun PT – Berkembangnya dunia Industri membuat para pemilik usaha ikut serta dalam membangun lapangan kerja dengan membuat PT atau Perseroan Terbatas, dengan izin yang sah dan telah di legalisir oleh instansi pemerintah yang berwenang.

Selain itu, pendirian atau pembangunan PT tidaklah sembarangan. Selain harus memiliki perizinan, PT yang dibangun pun harus merupakan Badan Usaha yang mutlak dan legal.

Oleh karena itu, perizinan dalam membangun PT merupakan hal utama yang harus dipahami oleh para pemilik badan Usaha itu sendiri.

Apa itu PT?

PT atau Perseroan Terbatas, ialah Badan Usaha yang memiliki perlindungan hukum dan dibangun oleh Modal yang biasanya terdiri dari saham pemilik perusahaan.

Biasanya, Modal untuk Pendirian PT sendiri, berasal dari Persekutuan Modal antara Pemilik PT dan juga orang yang bergerak didalamnya.

Hal ini sama persis seperti yang ditulis pada Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 soal Perseroan Terbatas atau PT. Selain itu, dalam Pendirian PT sendiri, biasanya akan dibangun oleh minimal 2 orang, dan sudah memiliki perjanjian atau kesepakatan dari Notaris, dan memiliki Akta untuk mendapatkan Pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM sebelum akhirnya Resmi disebut sebagai PT.

Sebelum membahas lebih lanjut Soal PT, ada baiknya kita mengetahui apa-apa saja yang dibutuhkan dalam Pendirian PT.

Persyaratan Mendirikan PT

Sesuai UU No. 40 Tahun 2007, Syarat Formal untuk Mendirikan PT berupa

  • Adanya 2 Pendiri PT, yakni Direktur dan Komisaris (bisa minimal 2 orang atau lebih)
  • Memiliki Nama Perusahaan
  • Menyerahkan atau Menyiapkan Susunan atau Struktur Pemegang Saham Perusahaan. Dalam hal ini, Pendiri PT wajib mengambil bagian dari saham.
  • Memiliki Akta yang sudah Disahkan KEMENKUMHAM (Kementrian Hukum dan HAM)
  • Pemilik Saham diharuskan seorang WNI atau berasal dari Badan Hukum yang sesuai dengan Hukum di Indonesia.
  • Memiliki Akta Notaris dengan Bahasa Indonesia.

Manfaat Memiliki PT

Dengan adanya PT, Anda akan mendapatkan manfaat dari Pendirian PT yang sesuai dengan peraturan Hukum di Indonesia, dan disahkan oleh KEMENKUMHAM, seperti

Mendapatkan Kemudahan dalam Melakukan Kegiatan Bisnis

Seperti yang kita ketahui, ada beberapa Bidang Usaha yang tidak bisa dikelola oleh selain PT. Seperti,

  • Mengurus Bidang Usaha di Sektor Perhubungan, seperti Jasa Pengurusan Transportasi, Salvage, dll.
  • Mengurus Bidang Usaha di Sektor Pariwisata, seperti Jasa Perjalanan Wisata, Konsultan Pariwisata, dll.
  • Mengurus Bidang Usaha Konstruksi kelas Besar.
  • Mengurus usaha Bidang lain yang diatur dalam Undang Undang atau Hukum yang berlaku.

Namun dengan Anda memiliki PT yang sah menurut KEMENKUMHAM dan memenuhi persyaratan Hukum yang Berlaku di Indonesia, tentunya Anda bisa mengelola Bidang Usaha diatas.

Menjadi Pemisah Harta Pribadi dengan Perusahaan

Berbeda dengan Firma atau CV, Keuntungan lain dari Mendirikan PT adalah, Anda Tidak perlu mempertanggungjawabkan kerugian yang terjadi didalam PT yang Anda bangun. Maksudnya Bagaimana?

Jika sebuah PT mengalami kerugian, maka Pemilik PT hanya memiliki kewajiban untuk Menyetorkan sejumlah Modal yang dibangun saat mendirikan PT. Dari sinilah, Harta pribadi pemilik PT atau Pemegang Saham didalam PT tidak akan terpakai atau digunakan untuk mengganti kerugian perusahaan.

Sedangkan, jika didalam Firma atau CV, pemilik harus mempertanggungjawabkan Kerugian yang dialami Perusahaan, dan juga memungkinkan Pemilik menggunakan Harta Pribadinya untuk mengganti kerugian.

Mudah Menjalin Kerjasama dengan Pihak Asing

Jika Anda pemilik Usaha Perseoran Terbatas (PT), Anda bisa dengan mudah menjalin kerja sama untuk membangun Perusahaan dengan sistem Penanaman Modal Asing, atau yang sering disebut dengan PMA.

Bagaimana Maksudnya? Maksudnya adalah, Anda bisa membangun sebuah Usaha dengan melibatkan Pemilik Modal di Indonesia, dan juga Pemilik Modal dari pihak Asing.

Namun sebelum melakukan Kerja sama, pastikan Anda sudah yakin untuk membangun PT dengan sistem Penanaman Modal Asing yang sesuai dengan Hukum yang Berlaku di Indonesia.

Memiliki Perlindungan Undang-Undang yang Sah

Seperti yang tertulis pada Syarat Pendirian PT diatas, tentunya Pemilik PT atau PT yang Anda bangun, akan mendapatkan Legalitas dan juga perlindungan Hukum dalam Sektor Bisnis ataupun Usaha.

Sebagai contoh kecil, ketika Anda mengajukan Nama PT yang akan dibangun ke KEMENKUMHAM, tentunya pihak KEMENKUMHAM pun harus terlebih dulu memberikan persetujuan atas nama PT yang Anda gunakan.

Dengan persetujuan yang sudah berlaku, ini bisa menjadi sebuah bukti atau Perlindungan yang kuat, agar pihak lain tidak bisa menggunakan Nama PT yang sudah Anda daftarkan.

Sebab, Nama PT Anda sudah terdaftar dan disahkan oleh Undang-Undang yang berlaku.

Lebih Mudah untuk Mengurus Pendirian PT

Sesuai Syarat dan juga Ketentuan yang sudah tertulis diatas, Anda bisa lebih mudah Mendirikan PT yang sesuai dengan Hukum dan Ketentuan yang berlaku di Indonesia.

Oleh karena itu jika Anda ingin mengurus semua legalitas serta berkas dalam mendirikan PT, Anda bisa menggunakan Jasa Pengurusan PT dari mitrajasalegalitas.com yang siap membantu Anda dalam mendapatkan legalitas dalam waktu yang singkat dan mudah.

Marck
Marck Berdiri sejak 1998 pegel tau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *